5 Sosial Media yang paling digemari untuk bisnis online dan promosi bisnis

5 Sosial Media yang paling digemari untuk bisnis online dan promosi bisnis


Sekarang ini kita tahu setiap orang terikat melalui Jaringan Internet, Nah kali ini susu kacang akan memberikan 5 Media sosial yang paling ampuh untuk Bisnis Online dan Promosi.



Saat ini kita sudah hidup di zaman digital, dimana semua terhubung melalui internet, bahkan untuk berjualan sesuatu barang juga bisa melalui internet. Dengan hanya bermodalkan komputer/laptop atau gadget yang terhubung dengan Internet proses jual beli online dapat berlangsung.

Sosial media adalah salah satu sarana pemasaran untuk jualan online dan promosi bisnis yang sudah sangat jamak dilakukan oleh para pelaku bisnis internet. Dari sekian banyak sosial media yang digunakan, manakah yang paling efektif untuk jualan online?

Berikut ini Susu kacang akan memberitahu 5 sosial media yang paling mantap untuk jualan online dan promosi bisnis: 

1. Jualan Online di Facebook


Bagi para pelakon bisnis online yang sudah cukup lama menggunakan media sosial, tentu sangat mengerti bagaimana keampuhan berjualan online di Facebook ini. Para pedagang online biasanya menggunakan fitur Facebook fan page untuk mempromosikan berbagai produk yang mereka jual di internet.

Sebenarnya cara memulainya cukup simpel. Tentunya Anda sudah memiliki akun Facebook terlebih dahulu ya. Langkah pertama adalah membuat Facebook Fan Page untuk bisnis jualan online Anda. Buatlah informasi mendetail tentang bisnis Anda di Fan Page tersebut dan rajinlah memposting konten ke dalamnya.

Untuk menjangkau lebih banyak orang, biasanya para pebisnis online akan memanfaatkan fitur Facebook Ads. Fitur periklanan ini hanya bisa digunakan melalui Facebook Fan Page.

Selain Fan Page, Anda juga bisa membuat group Facebook, di mana isinya adalah fokus membahas topik tertentu yang sangat berhubungan dengan produk yang Anda jual. Ini opsi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan trafik ke bisnis Anda.

2. Jualan Online di Instagram


Instagram menempati posisi kedua sebagai media sosial terbaik untuk jualan online di pasar Indonesia. Bukan tanpa alasan, media sosial berbasis gambar dan video singkat ini sangat efektif untuk menarik perhatian para penggunanya dengan menggunakan gambar dan video unik.

Gambar-gambar yang unik dan menarik yang diunggah di Instagram bisa memanjakan mata para pengguna Instagram sehingga mereka mau berlama-lama melihat berbagai gambar dan video di sana. Seperti Kata pepatah, Dimana ada gula disitu pasti banyak semut yang datang.

Tidak heran apabila banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk berbisnis online via instagram. Tidak hanya berjualan produk saja, ada banyak sekali jenis bisnis yang dapat kita ketahui di Instagram.


3. Jualan Online di Twitter


Sekarang posisi ketiga di tempat oleh media sosial Twitter. Facebook dan Twitter memang merupakan rival sejak lama untuk menarik perhatian pengguna aplikasi. Walaupun digunakan berjualan online tidak sebanyak Facebook, terbukti bahwa Twitter masih dipercaya oleh para pedagang online untuk memasarkan produk mereka.

Keterbatasan fitur Twitter adalah salah satu masalah dalam penggunaan Twitter sebagai media pemasaran jualan online. Namun, bila Anda memiliki followers tertarget di Twitter maka pemasaran produk apapun akan sangat efektif melalui Twitter.

Misalnya, jika target market Anda adalah para wanita, maka upayakan untuk berinteraksi dengan followers seputar dunia wanita dan kebutuhan mereka karena wanita biasanya suka diperhatikan dan cenderung suka berbelanja.

4. Jualan Online di YouTube


Di Zaman Sekarang siapa yang tidak tahu Youtube?, kalau ngga tahu ya kebangetan. Media sosial berbasis video ini sudah terbukti topcer untuk jualan online. Kenapa saya bilang sangat ampuh?

Ada pergeseran minat pengguna internet saat ini. Yang dulunya lebih suka membaca artikel, sekarang rata-rata pengguna internet lebih suka melihat konten yang interaktif, misalnya video. Inilah alasan kenapa YouTube saya katakan sangat ampuh untuk jualan online. Hal ini ditambah lagi dengan kenyataan bahwa koneksi internet di Indonesai sudah semakin cepat.

Brand besar yang beriklan di YouTube biasanya tujuannya untuk branding. Tapi bagi para pedagang online kecil-kecilan, penggunaan YouTube sebagai sarana untuk jualan online sudah sangat sering dilakukan. Tidak terlalu sulit untuk membuat sebuah video untuk jualan online, kita bisa menggunakan kamera smartphone lalu mengunggah video tersebut ke channel YouTube kita.


5. Jualan Online di Pinterest


Mungkin kebanyakan orang belum pernah mendengat Pinterst. Media sosial ini mirip dengan Instagram, Pinterst digunakan pengguna untuk megirimkan foto-foto dari bebagai sumber, baik itu dari milik sendii atau dari website BANDAR BOLA.

Pinterest boleh dibilang seperti sebuah etalase toko, di mana pemiliknya bisa menampilkan foto-foto terbaik produk yang ingin dipasarkan. Media sosial ini sangat banyak digunakan oleh para fotografer dan juga para pemilik bisnis untuk memamerkan foto produk atau karya mereka.

Para pengguna Pinterest bisa mengoptimalkan konversi penjualan mereka dengan mendesain foto produk sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik dan profesional. Seperti kata pepatah, sebuah gambar yang menarik bisa mewakili seribu kata.

Comments